Kamis, 07 Februari 2013

Buah Cinta Kuning dan Merah

Buah Cinta Kuning dan Merah

      Katakan cinta (bisa) dengan buah cinta. Maklum seperti namanya buah cinta Ochrosia oppositifolia terdiri dari dua buah seukuran melinjo yang posisinya saling bertolak-belakang dengan bagian ujung menyatu seperti kembar siam. Sepintas mirip bentuk tanda cinta. Bentuk unik itu berasal dari 2 ovarium yang terdapat dalam setiap bunga. Setelah penyerbukan, keduanya sama-sama menjadi buah.


       Menurut Andi Marthen Panturu, kolektor buah, di habitat asal di Tanjungbira, Provinsi Sulawesi Selatan, buah tanaman anggota famili Apocinaceae itu disebut pengka-pengka. Tanaman kerabat adenium itu tumbuh di hutan-hutan. Penduduk setempat kerap mengonsumsi buahnya jika sedang mencari kayu bakar di hutan. Petik buah, lalu peram dua-tiga hari sebelum konsumsi. Maklum saat baru petik, buah mengeluarkan getah putih yang menyebabkan rasa kelat. Cita rasa buah manis, segar, dan gurih.

      Sosok pohonnya menyemak. Bunganya yang mirip bunga tanaman hias Tabernaemontana, berbentuk bintang. Aroma harum tercium ketika bunga mekar sempurna sehingga buah cinta elok juga ditanam sebagai penghias taman. Apalagi ketika buahnya yang berwarna merah atau kuning mulai matang.






 sumber : majalah trubus ( dengan perubahan seperlunya )
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar