Sabtu, 29 Desember 2012

MEMULAI KARIER SEBAGAI PENULIS

assalamualaikum ...^_^ sahabat blogger..
semoga tetap sehat dan sigap dalam melangkah menuju kesuksesan anda..
wah kali ini saya posting lagi nih mengenai memulai karier sebagai penulis. semoga bagi para sahabat blogger yang mencintai pekerjaan menulis artikel ini bermanfaat dan juga sobat2 yang lain...

MEMULAI KARIER SEBAGAI PENULIS

Tips 1: Mengatasi penolakan
      setiap penulis pasti sering mengalami penolakan. Karya ditolak oleh penerbit memang menyakitkan. tetapi biasakan diri anda untuk menghadapi penolakan. Dunia tidak runtuh saat tulisan anda di tolak. Buat tulisan dengan ide yang lain dan kirimkan kembali. Anda juga tidak perlu menanggapi penolakan dari penerbit secara personal. Kebanyakan editor tidak punya waktu untuk memberikan alasan mengapa karya anda tidak dapat diterbitkan. Kebanyakan masalahnya bukan pada kemampuan anda menulis. 
tips 2 : mengatasi kritik
    Setiap penulis akan menerima kritik. Bahkan, penulis yang paling terkenal pun perlu merevisi tulisannya. Jadi, tanggapilah kritik dengan santai. mintalah saran dari editor dan berusahalah menjadi orang yang berpikiran terbuka. karena mungkin anda tidak hanya akan mendapat kritik dari editor, tetapi juga dari pembaca.

tips 3 : anda harus mempunyai kemampuan menulis
     Banyak orang yang tidak peduli apakah tulisannya benar atau tidak secara tata bahasa. Jangan ragu untuk mempelajari tata bahasa, gramatika, gaya bahasa, atau perihal bahasa lainnya yang mungkin tidak menarik untuk di pelajari. dengan tata bahasa yang benar, tulisan anda mudah di baca oleh orang lain, termasuk editor. anda juga akan terlihat profesional di mata penerbit.

tips 4 : selalu kirimkan tulisan terbaik
     Anda harus selalu mengirimkan tulisan anda yang terbaik. selalu lakukan hal itu. jangan kirimkan karya yang belum jadi atau masih banyak kesalahan. setiap penulis terkenal atau tidak, akan selalu di nilai dari hasil tulisannya.

tips 5 : bawalah selalu buku catatan atau jurnal
     Sebaiknya, anda selalu membawa buku catatan atau jurnal kemana pun anda pergi. Anda tentu tidak tahu, kapan ide brilian akan muncul. ketika ide tersebut muncul, anda selalu siap untuk mencatatnya. sekarang, seorang penulis dimudahkan dengan teknologi , anda bisa menggunakan Handphone, laptop, tablet pc, smartphone atau gadget lain yang anda sukai. prinsipnya, selalu siap mencatat ide kapan, dimana pun. bisa saja anda mencatatnya di dalam ingatan, tetapi pastikan anda bukan orang yang mudah lupa.

tips 6 : cintailah menulis 
      Jangan cuma menganggap menulis sebagai pekerjaan. buatlah menulis seperti pekerjaan menyenangkan, kegiatan yang sangat anda cintai. jika anda menganggap sebaliknya, pada akhirnya menulis sama saja seperti pekerjaan lain yang menjemukan. LOVE IT ! kalau anda beruntung, anda akan menjadi kaya dari menulis. jika belum, setidaknya anda memperoleh kebahagiaan dari menulis.

( SUMBER : WWW. ESCAEV.COM. dengan pengubahan seperlunya)

terima kasih telah membaca...^_^
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar